2aProgram DBC memerlukan waktu selama 6 minggu yang terdiri dari 12 sesi latihan. Untuk mencapai hasil yang terbaik maka latihan seogyanya dilakukan dua kali seminggu. Pada saat sesi pertama sebelum memulai program latihan, akan dilakukan evaluasi awal (baseline evaluation). Selanjutnya diikuti dengan 11 latihan dan pada sesi yang rakhir dilakukan evaluasi yang bertujuan untuk menilai hasil program DBC. Setiap sesi latihan memerlukan waktu antara 60 sampai dengan 75 menit..

Program latihan yang diberikan mencakup:

  1. Sesi pertama : Evaluasi awal yang terdiri dari pengisian kuesioner, pemeriksaan klinis, tes mobilitas dan tes EMG
  2. Sesi kedua: Individual treatment
  3. Sesi ketiga sampai dengan sesi 11; latihan (functional exercises) dengan menggunakan peralatan DBC.
  4. Sesi ke 12: evaluasi kemajuan (progress) hasil latihan.

Evaluasi awal dan evaluasi kemajuan hasil latihan dilakukan oleh Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik dan selama mengikuti latihan Anda akan dipandu oleh fisioterapist yang ahli dan telah mendapat sertifikst DBC Internasional. Hasil evaluasi kemajuan latihan akan diberikan kepada pasien dalam bentuk laporan lisan maupun tertuls (dalam bentuk grafik maupun angka-angka). Program latihan DBC dapat diperpanjang untuk program selanjutnya tergantung dari beratnya kondisi.

DBC Back Screening Test

Bagi Anda yang berminat untuk melakukan pemeriksaan tulang belakang (back test) tanpa harus menjalani program latihan DBC sepenuhnya maka kami menyediakan fasilitas back screening test.

Dengan pemeriksaan ini dapat diketahui ada tidaknya masalah tulang belakang dan derajat/tingkat keparahannya. Disamping itu juga dapat diketahui kemampuan fungsi tulang belakang anda. Screening test ini membutuhkan waktu lebih kurang 1 jam lamanya.

Keberhasilan Program DBC

Keberhasilan program latihan DBC untuk mengatasi problem nyeri tulang belakang telah diteliti diseluruh klinik DBC diberbagai Negara. Penelitian pada Pasien-Pasien dimana dua tahun setelah menyelesaikan program latihan DBC didapatkan 80% pasien dapat terbebas dari nyeri tulang belakang dan adanya perbaikan fungsi tulang belakang yang bermakna serta pasien tetap aktif dalam menjalani pekerjaannya sehari-hari.

Perbedaan Program DBC denganA�Program Fisioterapi Biasa

Manfaat yang diperoleh dari program DBC berbeda dengan program fisioterapi konvensional. Pada Program fisioterapi konvensional (Ultrasound, electrotherapy, massage,heat,cold dll) nyeri tulang belakang dapat berkurang untuk jangka waktu sesaat, sedangkan dengan mengikuti program latihan DBC maka nyeri dapat berkurang atau hilang untuk jangka waktu yang lama.

Sebelum memulai program DBC, perlu terlebih dahulu berkonsultasi dengan Dokter untuk menentukan adanya gangguan atau masalah tulang belakang serius yang Anda alami.

Comments are closed.